سئل :هل يجوز التقليد في أبواب العقيدة، أم لابد من الأخذ بالدليل؟
فأجاب الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله : يجوز التقليد في العقائد مما لا يتمكن معرفته بالدليل، ولهذا نرى العامة الآن كلهم يقلدون، بل قال الله تعالى: {وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالاً نُوحِي إِلَيْهِمْ فَاسْأَلوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ} [النحل:43] سؤالنا أهل الذكر عن هؤلاء الرسل معناه أن نقلد المسئول ونأخذ بقوله، فالتقليد في المسائل العقدية كالتقليد في المسائل العملية تماماً ولا فرق، فالذي لا يستطيع الوصول إلى الحق بنفسه ففرضه التقليد {فَاسْأَلوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ} [النحل:43] . وأما من قال: إنه لا يصح إيمان المقلد. فمقتضى قوله: أن العوام من الناس لا يصح إيمانهم؛ لأنهم إنما بنوا إيمانهم على التقليد، علمائهم قالوا كذا يقولون كذا.
لقاء الباب المفتوح (94/22)
قال الشيخ صالح بن عبد العزيز آل الشيخ حفظه الله :
والتقليد في الاعتقاد فيه تفصيل:
- فما كان مما يشترط لصحة الإسلام والإيمان فلا ينفع فيه التقليد؛ بل لابد فيه من أخذ القول بدليله وجوبا؛ لأن هذا هو العلم الذي أمر الله - عز وجل - به في قوله {فاعلم أنه لا إله إلا الله واستغفر لذنبك} [محمد:19]
- أما التقليد في الاستدلال فلا بأس به؛ يعني أن يعلم وجه الدليل من الحجة ويقلد العالم في الاقتناع بهذا الدليل يعني بوجه الاستدلال، فهذا لا بأس به لأن المجتهد في فهم الدليل هذا قليل في الأمة.
فإذا الواجب في الاتباع وما يحرم من التقليد في العقيدة هو ما كان من أصول الإسلام؛ يعني ما لا يصح الإسلام إلا به، مثل العلم بالشهادتين، وأركان الإيمان الستة، وفرض أركان الإسلام الخمسة.
إذا كان التقليد كذلك فهل يشترط استدامة العلم واستصحاب العلم والاتباع أم لا يشترط؟
الذي عليه العلماء المحققون وقرروه أن الاستدامة ليست شرطا، وإنما يكفي أن يعلم الحق في هذه المسائل في عمره مرة بدليله، ويأخذ ذلك ويقتنع به، يأخذ ذلك عن دليل وبينة، ثم يعمل بما دل عليه.
فمن تعلم مسألة، مثلا تعلم معنى الشهادتين في عمره، ثم بعد ذلك نسي المعنى، أو تعلم أدلة أركان الإيمان ثم نسي، أو تعلم فرضية الأركان الخمسة، أركان الإسلام أو الأربع العملية ثم جاءه فترة ونسي، فإن هذا لا يؤثر ولا يأثم بذلك، المهم أن يكون أصل استسلامه عن دليل فيما لا يصح الإيمان والإسلام إلا به.
وهذا هو حكم التقليد عند أهل السنة والجماعة ووجوب الاتباع.
.....
إتحاف السائل بما في الطحاوية من مسائل(1/488)
Sedikit menyinggung taqlid dalam hal aqidah. Maka, asy-Syaikh 'Utsaimin rahimahullah pernah ditanya apakah boleh taqlid dalam perkara aqidah ataukah harus disertai pengetahuan terhadap dalil?
Beliau rahimahullah pun menjawab:
"Bolehnya taqlid dalam hal aqidah ketika seseorang tidak memungkinkan 'menyelami' dalil. Demikian halnya sekarang, kita menyaksikan orang-orang awwam saat ini, semuanya taqlid. Allah ta'ālā berfirman,
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ. النحل: 43
"Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui". QS. An Nahl: 43.
Dalam ayat di atas, pertanyaan kita terhadap Ahli adz-Azikr mengenai para Rasul bermakna kita menyandarkan pemahaman kepada yang ditanya dan mengambil perkataannya sebagai prinsip. Ini dinamakan taqlid. Maka taqlid dalam perkara aqidah sama halnya dengan taqlid dalam perkara amaliyyah, tidak ada perbedaan keduanya. Maka, seseorang yang tidak mampu menggunakan berbagai perangkat-perangkat mujtahid dalam memperoleh al-haq atau memahami dalil, maka wajib baginya untuk taqlid. Berdasarkan firman Allah ta'ālā,
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ. النحل: 43
Adapun yang mengatakan iman muqallid(seseorang yang taqlid) tidak sah. Hal ini berkonsekuensi,
'Bahwasanya orang-orang awwam tidak sah keimanan mereka, karena keimanan mereka berangkat dari taqlid. Ulama mereka berkata seperti ini, merekapun berkata demikian."
Dan ini tentu tidak bisa dibenarkan.
Adapun asy-Syaikh Shālih bin 'Abdul 'Azīz Ālu asy-Syaikh hafidzahullah lebih sedikit memberi batasan dan perincian berkenaan taqlid dalam hal aqidah. Beliau hafidzahullah mengatakan,
"Maka, apa-apa yang menjadi syarat sahnya keislaman dan keimanan seseorang, maka tidak tidak ada ruang taqlid baginya. Bahkan, wajib baginya mengetahui aqidah disertai dalil karena inilah ilmu yang Allah 'azza wa jalla perintahkan berdasarkan firman-Nya,
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ
"Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu." QS. Muhammad: 19.
Adapun taqlid dari sisi istidlal(pengambilan dalil) maka tidak mengapa, yakni mengetahui tekstual dalil sebagai hujjah disertai taqlid terhadap seorang 'alim tersebut dari sisi istidlal.
Maka wajib ittiba' dan haram taqlid dalam hal aqidah yang termasuk di dalamnya pokok-pokok keislaman, artinya tidak sah keislaman seseorang kecuali dengan mengetahuinya, misalnya: pengetahuan syahadatain, rukun Iman, dan rukun Islam."
Jika pemaparan taqlid sedemikian rupa, maka apakah disyaratkan kesinambungan ilmu terhadap dalil tersebut ataukah tidak?
"Para 'Ulama menyatakan bahwasanya kesinambungan ilmu bukanlah syarat. Cukup bagi seseorang mengetahui kebenaran beserta dalilnya sekali semasa hidupnya sebagai penjelasan yang gamblang baginya. Maka siapa saja yang mempelajari suatu permasalahan, misalnya mempelajari makna syahadatain kemudian ia lupa, atau mempelajari dalil-dalil rukun iman kemudian ia lupa, atau mempelajari rukun Islam ataupun dalil-dalil pengamalan dari keempat rukun Islam kemudian datang masanya ia lupa. Maka dalam hal ini, tidak berdampak pada keimanannya dan tidak berdosa. Subtansinya, asalnya sudah terbangun dan terselamatkan oleh dalil yang mana tidak sah Iman dan Islam kecuali dengan mengetahuinya.
Sedikit hukum pembahasan taqlid menurut Ahlussunnah wal jama'ah dan wajibnya ittiba'."(lengkapnya silahkan merujuk pada http://www.almeshkat.net/vb/showthread.php?t=108255). Allahu a'lam
Alih bahasa Ruslan bin Mas'ud 'Abdurrahman disadur dari makalah Taqlid, Muqallid, dan Penerapannya.
No comments:
Post a Comment