Dikeluarkan oleh Ath Thabrani dalam Ad Du’a (888),
حَدَّثَنَا
الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْحَاقَ التُّسْتَرِيُّ،
وَمُحَمَّدُ بْنُ أَبِي زُرْعَةَ
الدِّمَشْقِيُّ، قَالَا: ثنا هِشَامُ بْنُ
عَمَّارٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ
عِيسَى بْنِ سُمَيْعٍ، ثنا
مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي الزُّعَيْزِعَةِ،
حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عَمْرٍو، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ فِي
الطَّعَامِ إِذَا قُرِّبَ إِلَيْهِ:
«اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا،
وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللَّهِ»
“Al Husain bin Ishaq At Tustari dan Muhammad bin Abi Zur’ah
Ad Dimasyqi, mereka berdua berkata, Hisyam bin ‘Ammar mengatakan kepadaku,
Muhammad bin Isa bin Sumay’i mengatakan kepadaku, Muhammad bin Abi Az
Zu’aizi’ah mengatakan, ‘Amr bin Syu’aib mengatakan kepadaku, dari ayahnya
(Syu’aib bin Muhammad As Sahmi), dari Abdullah bin ‘Amr radhiallahu ‘anhu, dari
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
Bahwa beliau ketika hendak makan dan hidangan didekatkan
kepada beliau, beliau berdoa:
/Alloohumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa waqinaa
‘adzaabannaar/
(Ya Allah berkahilah makanan yang telah engkau karuniakan
kepada kami, dan jauhkanlah kami dari api neraka). Bismillah“.
Juga dikeluarkan oleh Ibnu Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal
Lailah (457) dengan sanad yang sama.
Derajat hadits:
Riwayat ini munkar karena terdapat Muhammad bin Abi Az
Zu’aizi’ah yang statusnya munkarul hadits.
Imam Al Bukhari mengatakan, “ia sangat munkarul hadits” (At
Tarikh Al Kabir, 244).
Abu Hatim mengatakan, “ia sangat munkarul hadits“. Beliau
juga mengatakan: “jangan menyibukkan diri dengannya” (dinukil dari Lisanul
Mizan, 7/137).
Al Jurjani mengatakan, “ia sangat munkarul hadits, tidak
ditulis haditsnya” (Al Kamil fid Dhu’afa, 7/426).
Ibnu Hibban bahkan mengatakan: “ia termasuk di antara para
Dajjal, ia meriwayatkan hadits-hadits palsu hingga akhir hayatnya” (dinukil
dari Lisanul Mizan, 7/137).
Terdapat jalan lain untuk lafal doa di atas. Diriwayatkan
oleh Imam Malik dalam Al Muwatha (3447), Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf
(24512), Al Baihaqi dalam Al Asma’ wash Shifat (370),
عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ
أَبِيهِ؛ أَنَّهُ كَانَ لاَ يُؤْتَى
أَبَداً بِطَعَامٍ أَوْ شَرَابٍ، حَتَّى
الدَّوَاءُ، فَيَطْعَمَهُ أَوْ يَشْرَبَهُ حَتَّى
يَقُولَ: الْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانَا.
وَأَطْعَمَنَا وَسَقَانَا. وَنَعَّمَنَا. اللهُ أَكْبَرُ. اللَّهُمَّ
أَلْفَتْنَا نِعْمَتُكَ بِكُلِّ شَرٍّ. فَأَصْبَحْنَا مِنْهَا
وَأَمْسَيْنَا بِكُلِّ خَيْرٍ. نَسْأَلُكَ تَمَامَهَا وَشُكْرَهَا. لاَ خَيْرَ إِلاَّ
خَيْرُكَ. وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ.
إِلَهَ الصَّالِحِينَ. وَرَبَّ الْعَالَمِينَ. الْحَمْدُ للهِ. وَلاَ إِلَهَ
إِلاَّ اللهُ. مَا شَاءَ
اللهُ، وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ
بِاللهِ. اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا.
وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“dari Hisyam bin ‘Urwah dari ayahnya (‘Urwah bin Zubair bin
Al ‘Awwam) bahwasanya tidaklah ia dihidangkan makanan atau minuman kecuali
pasti ia berdoa dengan beberapa doa. Ia makan dan minum sesudah berdoa:
/Alhamdulillaahilladzii hadaanaa wa ath’amnaa wa saqoona wa
na’amnaa, Alloohu akbar. Alloohumma alfatnaa ni’matuka bikulli syarrin. fa
ash-bahnaa minhaa wa amsaynaa bikulli syarrin. nas-aluka tamaamaha wa
syukrohaa. laa khoyro illaa khoyruka. walaa ilaaha ghoyruka. ilaahas
shoolihiin. wa robbal ‘alamiin. alhamdulillaah wa laa ilaaha illallah. waa
syaa-allahu walaa quwwata illaa billaah. Alloohumma baarik lanaa fiimaa
rozaqtanaa waqinaa ‘adzaabannaar/
(segala puji bagi Allah yang telah memberi kita hidayah dan
telah memberi kita makan dan telah memberi kita minum dan telah memberi kita
nikmat. Allah Maha Besar. Ya Allah jauhkanlah nikmatMu ini dari segala
keburukan. dan jadikanlah kami di pagi dan sore hari senantiasa dalam kebaikan.
kami memohon nikmatMu yang sempurna dan kami memohon hidayah agar bisa
bersyukur. tidak ada kebaikan kecuali dariMu. tidak ada Tuhan yang berhak
disembah selain diriMu, engkau Tuhannya orang-orang shalih, dan Tuhannya
semesta alam. Segala puji bagi Allah dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah
selain Allah. Dan segala sesuatu atas kehendak Allah, dan tidak ada daya upaya
melainkan atas izin Allah. Ya Allah berkahilah makanan yang telah engkau
karuniakan kepada kami, dan jauhkanlah kami dari api neraka)”.
Riwayat ini shahih namun doa yang ada dalam riwayat ini
tidak disandarkan kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, melainkan kepada
‘Urwah bin Az Zubair. Dan ‘Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam adalah seorang
tabi’in thabaqah ke tiga. Sedangkan perbuatan tabi’in bukanlah dalil.
Pada jalan yang lain, dikeluarkan oleh Imam Ahmad dalam
Musnad-nya (1313), Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman (5640), Ibnu Abi Syaibah
dalam Al Mushannaf (24509), Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya (1/70) semuanya
dari jalan Sa’id Al Jurairiy,
، حَدَّثَنَا سَعِيدٌ الْجُرَيْرِيُّ، عَنْ أَبِي الْوَرْدِ،
عَنِ ابْنِ أَعْبُدَ، قَالَ:
قَالَ لِي عَلِيُّ بْنُ
أَبِي طَالِبٍ: «يَا ابْنَ أَعْبُدَ
هَلْ تَدْرِي مَا حَقُّ الطَّعَامِ؟»
قَالَ: قُلْتُ: وَمَا حَقُّهُ يَا
ابْنَ أَبِي طَالِبٍ؟ قَالَ:
«تَقُولُ بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ
بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا»
، قَالَ: وَتَدْرِي مَا
شُكْرُهُ إِذَا فَرَغْتَ؟ قَالَ:
قُلْتُ: وَمَا شُكْرُهُ؟ قَالَ:
«تَقُولُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا»
“.. Sa’id Al Jurairiy mengatakan kepadaku, dari Abul Warad,
dari Ibnu A’bud, ia berkata: Ali bin Abi Thalib bertanya kepadaku: ‘wahai Ibnu
A’bud, apakah engkau tahu apakah hak makanan?’. Aku pun berkata: ‘apa itu wahai
Ibnu Abi Thalib?’. Ia menjawab: ‘hendaknya ia berdoa: Alloohumma baariklanaa
fiimaa rozaqtanaa‘. Dan apakah engkau tahu apa bentuk syukur ketika selesai
makan?”. Aku berkata: ‘apa itu?’. Beliau menjawab: ‘engkau berdoa:
Alhamdulillahilladzii ath’amnaa wa saqoonaa‘”.
Riwayat ini juga lemah karena Ibnu A’bud majhul.
Ibnu Hajar mengatakan: “Ali bin A’bud, terkadang ia tidak
disebut namanya dalam sanad, ia majhul” (Taqribut Tahdzib, 4689).
Ali bin Al Madini mengatakan: “ia tidak dikenal” (dinukil
dari Tahdzibul Kamal, 4025).
Dan riwayat ini juga tidak disandarkan kepada Nabi
Shallallahu’alaihi Wasallam melainkan sahabat Ali bin Abi Thalib
radhiallahu’anhu. Selain itu, lafadz doa yang ada di sini hanya “Alloohumma
baariklanaa fiimaa rozaqtanaa” tanpa tambahan “waqinaa ‘adzaabannaar“.
Kesimpulan
Hadits do’a sebelum makan “Alloohumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa
waqinaa ‘adzaabannaar” adalah hadits yang munkar. Ia bukanlah doa yang
dituntunkan dan diajarkan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Yang tepat ia
berasal dari atsar Urwah bin Zubair bin Al ‘Awwam rahimahullah.
Do’a sebelum makan yang shahih dituntunkan dan diajarkan
oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam adalah ucapan “bismillah” saja.
Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim dari sahabat ‘Amr bin
Abi Salamah radhiallahu ‘anhu:
كنتُ غلامًا في حجرِ
رسولِ اللهِ صلَّى اللهُ
عليه وسلَّم فكانت يدي
تطيشُ في الصَّحفةِ . فقال
لي رسولُ اللهِ صلَّى
اللهُ عليه وسلَّم : يا
غلامُ إذا أكلتَ فقلْ
: بسمِ اللهِ وكُلْ بيمينِك
وكُلْ ممَّا يليك
“dahulu ketika aku masih kecil pernah berada di rumah
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Ketika itu kedua tanganku menyambangi
piring-piring yang ada. Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda
kepadaku: ‘wahai bocah, jika engkau hendak makan, ucapkanlah: bismillah. Dan
makanlah dengan tangan kanan serta makanlah makanan yang terdekat‘”.
Wallahu a’lam.
No comments:
Post a Comment